Cimahi- Dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian Wilayah Kerja Kantor Regional III BKN Tahun 2025, Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung memberikan Penghargaan Mitra Kerja Terbaik Tahun 2025 kepada 29 instansi dan lembaga mitra di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten.
Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas komitmen, kinerja, dan inovasi instansi daerah dalam mendukung penyelenggaraan manajemen ASN, implementasi sistem merit, serta transformasi layanan kepegawaian berbasis digital.

“Kolaborasi dan komitmen pemerintah daerah menjadi faktor penting dalam keberhasilan reformasi manajemen ASN. Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja nyata dan sinergi yang telah terbangun selama ini,” ujar Kepala Kantor Regional III BKN Wahyu, S.Kom., M.A.P.
Rakor Kepegawaian yang digelar di Gedung Technopark Kota Cimahi ini mengusung tema “Percepatan Implementasi Manajemen Talenta dan Transformasi Digitalisasi Manajemen ASN.”
Melalui kegiatan ini, Kanreg III BKN memperkuat komitmen bersama dengan pemerintah daerah untuk mempercepat penerapan manajemen talenta ASN dan layanan kepegawaian berbasis digital.
Wahyu menjelaskan, penghargaan ini juga menjadi momentum bagi instansi daerah untuk terus berinovasi dalam tata kelola SDM aparatur.

“Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh instansi untuk meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam pengelolaan ASN, demi birokrasi yang semakin profesional dan berdampak nyata bagi masyarakat,” imbuhnya.
Daftar Instansi Penerima Penghargaan Mitra Kerja Terbaik Tahun 2025
Pelayanan Pengangkatan ASN
- Kabupaten Bekasi
- Kabupaten Garut
- Kabupaten Tangerang
Pelayanan Pensiun PNS dan Janda/Duda
- Kabupaten Bekasi
- Kabupaten Sumedang
- Kota Banjar
Pelayanan Pensiunan melalui Taspen/Asabri
- Taspen Bandung
- Taspen Tasikmalaya
- Asabri Bandung
Pelayanan Kenaikan Pangkat
- Provinsi Jawa Barat
- Kota Bandung
- Kota Tangerang
Pelayanan Pencantuman Gelar
- Kabupaten Sumedang
- Kabupaten Cirebon
- Kabupaten Sukabumi
Pemanfaatan Aplikasi Kinerja BKN
- Kota Bekasi
- Kota Banjar
- Provinsi Banten
Penilaian Indeks NSPK Terbaik
- Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Bandung Barat
- Kabupaten Bogor
Indeks Kualitas Data Kepegawaian
- Kabupaten Bekasi
- Kabupaten Majalengka
- Kabupaten Purwakarta
Pemanfaatan CAT BKN untuk Seleksi CPNS & PPPK
- Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Tangerang
- Kabupaten Majalengka
Pemanfaatan CAT BKN untuk Ujian Dinas/UPKP
- Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Bogor
- Kabupaten Indramayu
Penilaian Potensi Kompetensi dengan CACT BKN
- Kabupaten Serang
- Provinsi Banten
- Kabupaten Tangerang
Percepatan Penyelesaian DMS
- Kabupaten Bandung
- Kota Bandung
- Kota Cimahi
Integrasi Data ASN dengan Progres 100%
- Kota Tangerang
- Kota Bekasi
- Kabupaten Karawang
Pengelola Kepegawaian Terbaik di Wilayah Jawa Barat
- Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Bekasi
- Kota Cimahi
Pengelola Kepegawaian Terbaik di Wilayah Banten
- Kabupaten Tangerang
- Kota Tangerang
- Provinsi Banten
Penerapan Manajemen Talenta ASN
- Provinsi Jawa Barat
- Kota Bandung
- Kota Bogor
- Kabupaten Bandung
- Kabupaten Bogor
- Kabupaten Garut
- Kabupaten Karawang
- Kabupaten Pangandaran
- Kabupaten Sumedang
- Kabupaten Tangerang
- Kota Tangerang
- Provinsi Banten
- Kabupaten Indramayu
- Kota Tasikmalaya
- Kabupaten Cirebon
- Kabupaten Kuningan
Beberapa instansi tercatat berhasil memperoleh penghargaan pada lebih dari satu kategori, seperti Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, dan Kota Bekasi. Keempatnya dinilai konsisten dalam menunjukkan performa unggul, baik dalam pengelolaan data kepegawaian, penerapan sistem merit, maupun percepatan digitalisasi layanan ASN.
Selain pemerintah daerah, BKN juga memberikan apresiasi kepada lembaga mitra seperti Taspen Bandung, Taspen Tasikmalaya, dan Asabri Bandung atas dukungan mereka dalam pelayanan pensiun ASN di wilayah Jawa Barat dan Banten.
Melalui penghargaan ini, Kantor Regional III BKN Bandung berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasi dengan seluruh instansi daerah dalam mempercepat reformasi birokrasi, mengembangkan sistem manajemen talenta, dan memastikan layanan kepegawaian semakin cepat, tepat, serta transparan.
“Kami ingin seluruh daerah menjadi bagian dari perubahan besar dalam birokrasi Indonesia. ASN yang unggul dan berintegritas lahir dari manajemen ASN yang kuat, modern, dan berkeadilan,” tutup Wahyu. tes
